Bisnis Tanaman Hias? why not?

Mengikuti perkembangan tanaman hias beberapa tahun belakangan seperti memasuki dunia dongeng. Tren berganti-ganti dan orang-orang berduit tak segan mengeluarkan uang miliaran rupiah demi memburu tanaman primadona. Masyarakat umum pun ikut-ikutan menginvestasikan uang yang pas-pasan demi mimpi meraup untung besar. Apa yang sesungguhnya terjadi? (Dunia Dongeng Tanaman Hias, Ilham Khoiri-Kompas 28 Oktober 2008).

YA, Bisnis bunga dan tanaman hias saat ini boleh dibilang menjadi bisnis yang cukup menggiurkan. Banyak orang yang kini mulai tertarik dan menerjuni bisnis ini. Bagaimana tidak, jika bunga dan tanaman hias ini memiliki keunikan dan keindahan tersendiri harganya bisa mencapai puluhan juta hingga ratusan juta rupiah.

Ambil contoh jenis Anthurium. Kenapa jenis tersebut saat ini harganya bisa gila-gilaan? Bisa jadi karena tanaman jenis tersebut memang unik atau karena keterbatasan stok, padahal kebutuhan pasar tinggi. namun juga bisa dipengaruhi para spekulan.

Alasan lain adalah peranan media yang sering kali mempublikasikan tanaman tersebut. umumnya, kalalu sudah diulas media berulang-ulang, orang akan penasaran dan mencari-cari. Saat orang mencari-cari itulah, tanaman jenis tersebut menghilang. setelah semakin penasaran, maka dikeluarkanlah satu dua jenis dengan harga yang sangat tinggi. Alasannya? jelas karena langka. Lalu dimainkan oleh kalangan berduit yang menginginkan untung cepat dan besar dengan menanamkan modal besar. sampai pada taraf itu, harga tanaman tersebut bisa masuk ketegori "gila-gilaan". SO... WHY NOT?